Twenty Things About Wufanneey

Twenty Things About Wufanneey

wufanneey-logo

.

.

.

Assalamualaikum Wr. Wb,

Meski kesannya bak alimers, tetapi baiknya tiap pertemuan diawali dengan ucapan salam, hehe. Yapzy, lihat judul enggak banget yang di atas? Tulisan lepas kali ini jelas bukan introduce BEAST member lagi (tengok postingan Yang Yoseob dan Yoon Doojoon), bukan, tapi saya merasa punya beban kalau nggak nulis ini, halah—alias intoduce Wufanneey. Terimakasih pada Authumnder(Meyda) dan Gugigi(Farah) yang berbaik-hati ngetag saya, semoga ke depannya kita bisa semakin dekat dan saring ilmu, okeh?

Your real name?

  • Fanni Wirliani Putri

Your current pen-name? When do you start using your current pen-name?

  • Wufanneey, lahir Oktober, tiga tahun silam? Geuraesse
  • Sedikit cerita, sebelum saya pakai penname Wufanneey, saya pakai nama Replay, atas alasan yang tidak jelas.

The story behind your pen-name?

  • Sebab Replay terdengar … membosankan? Ha-ha.
  • Wufanneey diambil dari nama Wufan—ehem, saya agak menyesal untuk ini, ketika sekarang mau ganti penname, kok nggak rela? (Orang-orang terlanjur mengenai saya sebagai Wufanneey, jiah sok tenar.) Tapi nama Wufan-nya ituloh .—.
  • Fanni saya plesetkan sedikit redaksinya menjadi Fanneey, supaya mirip Rooney Wayne.
  • Kadang juga saya pakai nama Fanneey Wayne atau atau Fanneey Wu, meski memang paling sreg cuma Wufanneey.

Where to find you?

  • Di situs wordpress, selain di sini, kunjungi saja BF, HA, SFI, dan WLS, sebagai author.
  • AFF dan FFN sebagai reader kadang-kadang reviewer.
  • SNS (IG, FB, Twitter, LINE).

Why do you write?

  • Awalnya, saya diajak meramaikan Shinra (SHINee KARA) Fanfiction di FB sebagai admin plus author (oleh seorang Hyung yang tidak betanggungjawab sekarang hilang keberadaannya).
  • Kemudian, saya tertarik menulis dengan cast(s) selain SHINee/KARA yaitu SNSD Sooyoung dan DBSK Changmin.
  • Sekarang, alasan saya menulis adalah … melunasi utang, hueee, saya banyak utang sama readers astagfirullah, maafkan.
  • Intinya, nggak pernah ada alasan krusial; ingin menjadi penulis, dapat uang, mendalami hobi, dan lain-lain. Nope.

Where do you usually get inspiration for your writing?

  • Klise, bukan hanya penulis (mau yang abal atau mahir), semua pribadi berotak seniman rata-rata mendapat inspirasi nggak dari satu sumber, tapi berbagai sumber, dan biasanya, sumber itu adalah mahakarya seniman lainnya (lagu, lukisan, novel, film, dsb). Sekian.

Genre you usually write?

  • Romantis. Pastinya, meski nggak pernah ngalamin sendiri, murni khayalan sinting saya tentang gimana kalo si A sama si B barengan, terus gini, terus gitu, kok kedengaran bagus ya? Begitulah.
  • Komedi. Lucu atau enggak? Tergantung apakah komentar yang ditulis pembaca jujur atau enggak. Tapiii, bagi saya sih garing kriuk-kriuk.

Genre you usually read?

  • Semua genre yang ada di dunia tulisan fiksi. Karena penasaran, genre terlarang pun saya baca (tunjuk Yaoi dan Yuri, bahkan Mpreg).
  • Dan tolong siapapun buat saya berhenti baca genre-genre terlarang please, ampun, udah mabok ini T—T

Current interest in writing?

  • Fangirling.

Your typical favorite fictional character?

  • Saya suka semua karakter yang dibuat Fujimaki-sensei, terutama Kuroko Tetsuya, dingin-dingin kecil nyebelin tapi bikin kangen, pekerja keras, mulut pedes, muka dinding, bonus aegyo eh kawaii. So give me Kurokocchi!
  • Saya juga suka banget sama tokoh Goo Dae Young di Let’s Eat, meski tukang bohong, nggak punya gairah hidup kecuali untuk makan dan cari duit, tapi dia itu serius sekali kalau sudah punya tujuan dan bisa fokus menggapai tujuan itu, humoris, humble, baik sama semua orang (alias sering bikin cewek salah paham). Poin penting, ganteng.
  • Barry Allen jangan lupa! Si smartass yang diam-diam melindungi kota, tjie.
  • Oh satu lagi deng, saya suka Baek In Ha-nya Cheese In The Trap. El O Vi I—LUV!

Name your own favorite fiction(s) and the reason why?

  • Saya suka JIYOUNG, sebab itu pertamakalinya saya nulis fanfiksi kolaborasi dengan seseorang (dan itu menyenangkan, serius), sayangnya ngestuck di chapter enam karena saya kehilangan dia—eh maksudnya dia kehilangan ide sehingga saya jomblo author again, ‘kan sedih.
  • Saya juga suka PROMISCUOUS karena paling banyak menarik pembaca, hahaha—picisan emang, bye.
  • SECOND LIFE SENSATION, viewer dan commenter-nya jauh di bawah Promiscuous tapi fanfiksi inilah yang mengantarkan saya pada kehidupan wordpress, dari jaman saya masih memakai nama Replay hingga berganti Wufanneey, akhirnya SLS dapat diselesaikan dengan bahagia. Utang saya pada pun seseorang lunas—(Wahai Zahra lu masih idup ‘kan?)

It might sound narcistic, but what’s something special from your writing?

  • Mau sesuatu yang baru? Yang istimewa? Beda daripada yang lain? Ini nih!—Trio Warkop Edition (kemudian iklan).

Aspects you still feel lacking?

  • Manusia itu paling pandai mengkritik, mencela, melihat kejelekan orang lain. Apapun mereka kritik dah pokoknya. Tetapi soal mengkritik diri sendiri, mereka justru paling nggak bisa. Aneh, ya? (Malah cerita.)
  • Kalau memang dipaksa harus merasa, saya merasa masih buruk sekali dalam membuat rangka cerita, ketika suatu rangka yang merupakan landasan aja nggak bagus, maka aspek selanjutnya pun nggak bagus. Itu aja deh.
  • Lagipula, kesempurnaan itu datangnya dari Tuhan, jadi ketika tulisanmu kacau, kalem aja, esensinya manusia begitu, kok.

Biggest challenge you’ve ever encountered when writing something?

  • Rasa malas. Memang, WB sih enggak. Ide ada, tapi rasa malas menulis—apalagi bagi anak kuliahan yang sok sibuk hahaha—Daeyoung-sonsaengim doajuseyooo~ (Kasarnya, ngerjain makalah untuk dosen aja males apalagi ngerjain fanfiksi yang buat-siapa-elu, penulis itu butuh dukungan kawan-kawan, kalau kalian mau dihormati sebagai pembaca, hormati juga penulisnya! Dengan apa? Kalian tahu sendiri okeh.)

About your writing, what do you want to accomplish next?

  • Melunasi utang pada pembaca! Jujur, rasanya kalau tidak melanjutkan fanfiksi atau memenuhi rikues, hidup adalah beban.
  • Belajar ikhlas.

What is something you usually avoid when writing?

  • Baru-baru ini, penggunaan judul dalam bahasa inggris.
  • Dulu sampai sekarang, typos—saya udah berusaha dengan baca berulang dan edit sana-sini, tetapi ketika sudah diposting, kok typonya masih aja ada?! Beta reader juseyooo~ (Banyak maunya.)
  • Humor—apalagi humor saya, no hard feel at all, tapi anehnya saya sulit sekali menulis tanpa unsur humor plis. (Mungkin karena saya belum dewasa juga, jadi masalah apa aja dianggap enteng dan dijadiin bahan lelucon.)
  • Unsur-unsur berbau homreng (kalau yang ini sepertinya sulit -.-)

What is something you really want to improve from your writing?

  • Apa ya … saking banyaknya …

Do you have other interest aside from writing? And reasons why?

  • Seperti Gugigi-nim, digital design dan sekarang tengah menekuni video making/ editing (disamping sebetulnya ini merupakan keharusan dari prodi yang saya ambil, ckckck.)

If you have ability to master one skill in one night, what skill will you choose?

  • VIDEO MAKING ABILITY.
  • SINGING—lah kok tiba-tiba … (aselinya pengen nyanyi ballad tapi enggak bisa.)
  • PHOTOGRAPH—yang ini amanah dari dosen (Myungsoo-sonsaengnim doajuseyooo~)

Protips from you for whomever read this?  

  • Kalau kata Bang Pandji (Komika, Penulis, Traveler), “Jangan takut untuk bikin karya. Toh hasil karya lu bakal jelek. Yang penting itu apa lu bakal membuat karya selanjutnya yang lebih bagus atau mendem di level itu dengan kualitas segitu.”
  • Kalau kata Pak Ridwan (Walikota Bandung), “Kerja cepat, kerja cerdas, kerja ikhlas.”
  • Kalau kata saya (berdasarkan rujukan), “Minimalisir rasa malas, cari penyemangat, dan jangan bikin kalau nggak ikhlas, itu aja!”

.

.

.

Bandung, 24 April 2016,

Wassalam,

Wufanneey.

Pojok tagging:

Untuk yang masih suka nongol; Kak Elisa, winterchan(Gelsha), summersy, Vina, Nadya, Hanif.

Untuk yang hilang, vakum, berhenti, atau entahlah kemana (harapan saya Anda-Anda sekalian comeback sih); Kak Farrel, Borayoung(Kak Hilda), Hika, chevelyyn.

Sebetulnya masih banyak, author yang saya kagumi terus keberadaannya hilang ditelan bumi, tapi nggak begitu kenal, masa tiba-tiba ngetag? ._,

10 Comments Add yours

  1. winterchan berkata:

    Waaaah 👏👏👏
    Harusnya aku jangan ditag, aku mah abal-abal banget. Huhu, tapi makasih sudah ngetag 💖💕💖💕💖🙏

    Suka

  2. Elisa Chokies berkata:

    Voila. Tak kirain masih ngefly galau fan, km. Wkwkwk

    Aku iseng buka blog stelah males2 san ngeblog kmarin. Dan Chajjatta~, aku nemuin ini. Seharusnya saya g usah ditag fan, pikiran lagi sengklek, tp y gpp ding, tak coba2 aja.Nadya uda tak bilangin td soal km ngetag dia di grub line

    Makasi uda ditag.

    Suka

  3. annisahika berkata:

    Halo *tebar tisu* entah ini aku mau ngomong apa juga bingung *ceritanya speechless* tapi kek nya aku harus berterimakasih krn tag kamu dan tulisan kamu menyadarkanku kembali *jadi ceritanya selama ini ga sadar* wkwk daaannnn kenapa juga mesti nge tag sih fan? personal chat aja gabisa apa? kan malu diliat orang ><
    Salam *kabur*

    Suka

    1. Yang Yojeong berkata:

      Disuruh siapa aku ngetag? Disuruh siapa? Jadi ini salah aku? Salah uname aku? Salah orangtua aku? Salah Raisa? Serba salah?

      Kalo kamu sadar, kamu tahu apa yang harus kamu lakukan Hik 😳😳😳

      Suka

  4. junyojunseob berkata:

    Saya harus nulis apa atuh? Masih amatiran baaget

    Suka

  5. Gugigi berkata:

    Kak Fani… Maaf baru muncuul, udah dari kapan tau tapi akunya dengan kurang ajar baru tiba dan memberikan komentar… maafkan dakuuuu

    Trus udah gitu bingung mau ngomong apa, ya ampun sampis sekali diriku ini di kolom komentar kakak. Tapi yang menarik perhatianku adalah…

    Kakak orang Bandung??? W O W Baru tau! Oke itu emang info ga begitu penting, dan bukannya komentarin konten 20 hal kakak, aku malah salfok. Tapi serius nih, keren banget tinggal di Banduung! Ku selalu ingin bertempat tinggal di sana karena kesannya nyeni banget (lah). Rasanya pengen jalan-jalan malem keliling Bandung dan mengunjungi cafe gemash sepanjang hari~

    Maafin (lagi) komennya sampis (lagi).

    Makasih kakak udah ikutan~ Kusenang kita semakin kenal satu sama lain! Semangat berkarya ya kak 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

