Yoon Doojoon, The Definition of Man

Yoon Doojoon, The Definition of Man

5d7b27588b9f4cdfe506e413944d00a1

Titel Namchin-dol (baca, Namjachingu-idol, Boyfriend-idol, Nation Boyfriend) bukan diberikan pada Yoon Doojoon tanpa alasan. Bukan hanya dari fans, tetapi merangkup sebagian besar netizen Korea, bahkan dari kalangan aktris dan female-idol. Dan fakta ini diambil berdasarkan survei Weekly Idol (variety show MBC), tayangannya masih ada di Youtube, dan di sana kalian bisa lihat sekian seleb wanita memilih Doojoon jadi Mister Rightnya. Bicara soal Yoon Doojoon dan wanita, bilamana kamu wanita yang mencari arti kata apa itu pria, Yoon Doojoon adalah jawabannya.

Nggak percaya?

Belum, kamu belum tahu sebab saya juga belum mulai memaparkan “Kenapa?”. Kenapa Yoon Doojoon? Tahu, ‘kan, Leader BEAST yang (di depan member) kelihatannya childish minta ampun, kalau ketawa suka mukulin orang di sebelahnya, kalau ngelawak harus lucu (harus di anggap lucu, jadi kalau misalnya dia garing kriuk-kriuk, ketawa aja meskipun maksa), penyandang gelar Master of Immitating dan jujur aja dari sudut pandang B2UTY talent ini sama sekali nggak penting.

Yeah, bener, Yoon Doojoon itu banyak sekali kekurangannya.

Dia penyanyi, tapi suaranya? Heol, di banding Yoseob dan Hyunseung, jelas enggak. Dance, menari? Helow, dia backdancer semasa Gikwang masih jadi Solois AJ but nope, Junhyung aja masih lebih bagus dari dia. Entertain? Siapa sih yang nggak kenal Lee Gikwang, Face of Group, Master of Entertain, jelas enggak juga. Akting? Lagi-lagi saya sebut Gikwang, plus Yoseob yang menggaet titel King of Musical bersama JYJ Junsu. Oke, strengh terakhir bagi seorang idol adalah wajah, visual, but … no? B2UTY bilang Dongwoon is freakin’ model, artinya Dongwoon nomor satu kalau masalah visual, dan orangnya juga merasa dia paling oke daripada Hyungdeulnya =___=

Kejelekkan lainnya, masih ada. Dia boros alias suka belanja hal yang sebetulnya nggak perlu, suka awkward di dekat perempuan, kadang-kadang humorisnya maksa sampai ke taraf sok asik, immitating-skillnya itu-itu aja, suka lupa umur, Dongwoon bilang Doojoon player, Gikwang bilang Doojoon onscreen-faker, sering ngegrepe Yoseob, sering dibuli Junhyung, dikatain nggak penting sama Hyunseung, de el el.

Sebab bicara soal kekurangan memang tidak ada habisnya. Tentu saja, bila ada minus maka akan ada plus, ada gelap ada terang, di balik kekurangan selalu ada kelebihan.

Dia penyanyi, suaranya nggak sebegitu stabil dan sering crack di stage, tapi apa? Bayangkan BEAST perform dengan tanpa suara Doojoon, pasti akan ada yang kurang. Dan saya pikir, Doojoonie punya kemampuan vokal yang bagus sebetulnya (kalau kita sampingkan sebentar vocal-line BEAST), kalian bisa cek lagu When The Door Closes di mini album MY STORY, dia nyanyi featuring Dongwoon dan ada bagiannya bernada tinggi. Di Showtime: Burning The BEAST episode 11 pun dia unjuk kebolehan dengan karaokean lagu rock (rock? Tolong ralat kalau saya salah) featuring Dongwoon lagi, dan dengarlah high notenya yang bukan main, awalnya Dongwoon yang mau ambil nada tinggi itu tapi nggak sampai. (Sedikit selingan, BEAST itu kalau karaokean pasti lagunya rock, hiphop, lagu jedam-jedum, dan Ultramania adalah lagu wajibnya BEAST kalau lagi karaoke, jadi sebenarnya jati diri mereka itu swag banget kawan-kawan.)

Masalah dancing, ehem, saya nggak bisa bilang banyak soal ini. Meskipun kemampuan menarinya termasuk yang paling lemah di BEAST, tapi dia nggak pernah (sejauh pengamatan saya) melakukan kesalahan koreo di panggung, malah Gikwangie yang merupakan Main Dancer, malah sering bengong atau salah gerakan (bukan tanpa alasan juga eyesmiley-man yang satu itu dipanggil Pabokwang).

Entertaining skill, member BEAST yang lain nggak setuju BANGET kalau dibilang bahwa Doojoon punya skill entertain yang bagus. Tapi hei, Doojoon itu sarjana lulusan broadcasting. Dan kalau skill entertainnya jelek, kenapa dia yang diundang jadi MC tamu di Weekly Idol coba? (Kemudian member BEAST nimpuk pala saya.) Tapi serius, nggak seperti Yoseob atau Gikwang, Yoon Doojoon enggak berusaha jadi lucu ketika dia ada di suatu acara, karena dia selalu jadi diri sendiri di manapun dan membawa dirinya sesuai dengan aura yang ada di sana. (Kali ini pala saya ditimpuk duo minion BEAST).

Nah, akting. Bukan murni jelek, opini saya (dan kebanyakan B2UTY) justru Yoon Doojoon itu terlalu natural. Natural dalam artian di sini bukan meresapi bagaimana karakternya di sebuah drama, tapi menjadikan dia seolah karakter tersebut. Masih kurang paham? Gini deh, kamu harus nonton Drama Let’s Eat dan Let’s Eat 2, di sana dia berperan sebagai salesman Goo Dae Young, tapi yang B2UTY lihat adalah salesman Yoon Doojoon. Ada lagi Web Drama Splash Splash Love, dia berperan sebagai King Sejong of Joseon, tapi yang B2UTY lihat dia adalah King Doojoon of BEAST (kalau kata Yoseob, King Doojong). Belum lagi di Sitcom More Charming By The Day, Sitcom All My Love, yang B2UTY lihat adalah Doojoon ikut main di situ, bukan Doojoon dapat peran di drama itu, begitulah. Satu-satunya Drama yang berhasil Doojoon perankan adalah IRIS 2 (mungkin karena ini drama serius), dia berperan sebagai agen muda Seo Hyun Woo yang kalem dan jago segala hal (bukan Doojoon banget pokoknya). Yah … intinya, Doojoon paling jago akting jadi diri sendiri(?).

Ok, next … visual? Ehem, topik yang paling krusial di BEAST itu mengenai visual. Adakah yang tahu, siapa yang menjabat posisi Visual of Group? Profil member resmi dari CUBE mencantumkan itu adalah Gikwangie, thread menyebutkan Visual adalah Yoseobie dan Gikwangie, tapi para member justru menunjuk Dongwoonie. Berlandas ketiga persepsi di atas, saya analogikan begini, Visual Gikwangie adalah harapan CUBE, Visual Yoseobie dan Gikwangie adalah apa yang ingroup lihat, begitupula dengan Visual Dongwoonie. Tapi yang berpengaruh terhadap grup bukanlah harapan atau penglihatan ingroup, tetapi apa yang menjadi rujukan yaitu apa yang dilihat outgrup, bahwa Yoon Doojoon adalah Visual yang sesungguhnya. Gikwangie wa Junhyungie Umma saja memberi Doojoon #1 sebagai member tertampan. (Dan tambahan, adalah cerita tentang teman laki-laki saya yang bilang kalau BEAST Doojoon adalah perwujudan cowok Korea yang sebenarnya). Saya nggak pandai mendeskripsikan wajah tapi satu yang saya tahu (dan membuat para nona meleleh), his jawline.

33bde44790beb3a3c64dfe928b067f46

54FuMuJ

0345c1320ba4b775aaf8bc97e37a5a5a

Haters sering menjadikan masa lalu Doojoon sebagai bahan bashingan. Yaitu masa lalunya sebelum dia menjadi seperti sekarang. Sebab dia bukan trainee asli CUBE, dia buangan dari JYP yang awalnya akan debut di 2PM/2AM. Namun tahukah kamu? Bukannya berakhir jadi sesuatu yang bisa dibashing, sisi baiknya karena dia mantan trainee JYP, member 2PM dan 2AM yang sekarang justru menjadi relasinya, relasi BEAST bahkan.

Ngomong-ngomong soal relasi, BEAST dapat disebut boygrup yang easy-going. Pertemanan MBLEAST yang jaya pada masanya, BEASFINITE adorable friendship, BEASTOB bromance, BEAST-JYJ soccer relation, BEAST-SJ hoobae-sunbae, BEAST-BIGBANG (because of Hyunseung), BEAST-SHINee (because of Dongwoon), BEAST-2PM, BEAST-2AM, BEAST-CNBLUE, BEAST-VIXX, BEAST-B.A.P, etc, etc. Bahkan dengan girlgrup pun mereka berhubungan baik; 4MINUTE, Miss A, T-ARA, APINK, KARA, B.E.G., etc. Semua member BEAST memang mudah menjalin relasi, tapi serius, saya bilang sebagian besar karena ada Yoon Doojoon di sana.

Kembali pada titel Namchin-dol Doojoon. Doojoon memang bukan cowok sempurna, dia nggak perfek, banyak kejelekan. Tapi serius, sekali lagi saya tekankan, kamu nggak bisa bash apapun tentang Yoon Doojoon (based on pann) kalau hanya bermodalkan kejelekannya, karena dia punya seribu kebaikan di balik satu kejelekan. Dia kharismatik (as expected from Leader), anti-aegyo (quotesnya adalah, “Kau tidak bisa menyandingkan kharisma dan aegyo bersamaan, pilihlah salah satu.”), sexy tanpa perlu pamer abs (aegyo dan abs adalah kelemahannya), atletik (si soccer maniak Ronaldujun, aktif di FC Men dan Kapten Golden Three, dia bahkan ditunjuk sebagai duta K-Language), manly, mannerly, friendly, rarely wear makeup, tall, handsome, fit any clothes, humoris, anti-jaim, dan selanjutnya, selanjutnya, selanjutnya (saya pikir sejilid buku bahkan masih kurang untuk mendekripsikan Yoon Doojoon).

Itu semua, di atas, adalah bukti dari definisi kata pria yang kamu cari. Istilah kerennya sih, husband-material, suamiable. (Suami masa depan saya, aamiin, ketika kita bertemu nanti, kamu sudah jadi ikhwan ya Mas #delusionaltingkatakut)

Akhir tulisan, saya ingin menyelipkan nasehat Doojoonie untuk cowok-cowok di luar sana, “Semarah apapun dirimu, sekesal dan sejengkel apapun dirimu, kau tidak boleh memukul seorang wanita sekalipun itu dengan bunga.”

Bandung, 10 April 2016,

Fanneey

PS. “Doojoonie, inget umur, cepet cari pacar!” – B2UTY (+ Yooniques).

Bonus Pics

Doojoon’s derp

Doojoon’s epidemic pose

dulu

doojoon-epidemic-pose

sekarang (thinking man pose lol)

doojoon-epidemic-pose-2

Iklan

2 Comments Add yours

  1. one656kimhyunra berkata:

    nah lho… jadi makin suka ama itu orang.. :v

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s