Dunia Fujoshi dan Seluk-Beluknya

Dunia Fujoshi dan Seluk-Beluknya

Eum… jadi… uh, gimana mulainya yah… =____=a

*liat judul di atas*

Oh.

Ehem. Judulnya hahaha… absurd gitu. Saya juga nggak yakin sebenernya. Tulisan ini awalnya merupakan pelampiasan sekaligus melatih jari-jari tangan setelah sekian lama hiatus, supaya nggak kaku lagi ketika nulis, haha xD

Dari judulnya aja, “Dunia Fujoshi”, kalian tentu bisa mengambil kesimpulan bukan? #gakjuga .__. Huhu okelah mulai dari awal kalo gitu.

Saya, Fanneey Wayne as known as Rooney Waynes’s sister #ditendang, alias Fanni Wirliani Putri atau penulis abal yang kalian kenal dengan penname wufanneey, adalah seorang Fujoshi.

Eh, by the way anyway busway… Pani kan Fujoshi katanya…

Emang tuh Fujoshi apaan sih?

Fujoshi adalah sebutan untuk cewek-cewek yang menggemari anime atau manga bergenre biseksual (homo atau lesbi). Ada juga sebutan untuk cowoknya, yaitu Fudanshi walau biasanya cowok Fudanshi jarang ditemukan[?].

Biseksual maksudnya apa? Homo dan Lesbi?

Biseksual itu penyuka sesama jenis dan lawan jenis. Namanya aja yang berarti dua, ya maksudnya di sini menyukai kedua jenis kelamin. Jadi bukan cuma penyuka sesama jenis aja.
Nah, kalo homoseksual itu berarti menyukai sesama jenis, entah itu antara cowo dan cowo ATAU antara cewe dan cewe. Bukan buat cowok aja. Cuma gara-gara istilahnya lebih sering dipake buat cowo, jadi kesannya homo itu cuma buat cowok aja, padahal sih nggak.

Tapi kalau istilahnya bromance, shounen-ai, yaoi, BL, jeung nu séjénna pasti teu nyaraho da.

Naon deui waé éta téh? Apa lagi tuh?

Pssst… pssst… itu loh… itu—ah pura-pura gak tau lagi *muka polos* #ditendang2

Dilihat dari namanya mungkin ada yang langsung tau, Shounen (Laki-laki) dan Ai (Cinta), disimpulkan bahwa Shounen-ai adalah genre anime atau manga yang bertemakan boy relationship, atau hubungan cowokxcowok, atau bisa juga disebut BL (Boys Love). Walaupun kelihatannya sama aja dengan yaoi, namun sebenarnya shounen-ai dan yaoi itu berbeda. Shounen-ai memang untuk hubungan boyxboy, tetapi tidak sampai tahap seksual. Kalau YAOI (Yama-nashi Ochi-nasi Imi-nashi), adalah genre bertemakan boyxboy yang berakhir dengan hubungan seksual. Kedua genre ini sendiri kebanyakan digemari oleh cewek-cewek. Kenapa? Tanyakan rumput yang bergoyang o.O #ditendang3

Berbeda dengan shounen-ai dan yaoi, bromance bukanlah hubungan antar cowok dalam konteks romansa. Namun masih hubungan cowok dengan cowok yang wajar, Bromance (brother-romance), adalah hubungan persahabatan antar cowok yang sangat intim malah saking intimnya menyerupai hubungan saudara sedarah padahal tidak. Namun bromance tetap memperhatikan batas-batas skinship karena tidak sampai tahap percintaan sejenis.

Setelah penuturan Pani tadi, udah ngerti dong apa itu shounen-ai, yaoi, dan bromance? Pasti bisa dong membedakannya? #iyateruskenapa gak kenapa-kenapa sih *.___. ngorek tanah*

Tunggu, sebelum kita menuju inti[?] Anime atau Manga sendiri kalian tau gak sih? #nggak WHAT THE VAQ *gedebuk*

JADI DARITADI GUE JELASIN BUAT APA

#PLAK

OKE. Makasih tamparannya, saya yang lupa karena gak jelasin hal yang paling penting terlebih dahulu. Yang paling mendasar dari Fujoshi, shounen-ai, dan kawan-kawan, yaitu anime atau manga. Anime (red, a-ni-me) adalah animasi khas Jepang singkatan dari animeshon (pelafalan orang Jepang untuk animation). Yang biasa dicirikan dengan gambar-gambar bergerak yang berwarna warni yang menampilkan tokoh-tokoh dalam berbagai macam lokasi dan cerita yang ditujukan pada beragam jenis penonton. Sedangkan Manga (red, man-ga) adalah komik dalam bahasa Jepang, diluar Jepang kata tersebut digunakan khusus untuk membicarakan tentang komik Jepang.

Cukup? Bohong banget kalo kalian bilang cukup. Tapi kalo saya ngejelasin lebih lanjut juga kudu bikin blog baru :P. Tapi sumpah deh, kalau kita bahas anime atau manga ini, satu postingan artikel aja sebetulnya kaga bakalan cukup. Belum lagi mangaka itu apa, doujinshi, cosplay, jeung sajabana. Lieur ah pék sakieu héla wéh nya.

Back to topik.

Pembahasan kita kali ini mengenai Dunia Fujoshi dan Seluk-Beluknya. Fujoshi, itu sebutan untuk para cewek penyuka BL, seperti yang saya bilang di atas. Jadi tentu dominan anak cewek suka hubungan belok antar cowok alias boyxboy daripada cowok berjalan lurus dan benar alias straight alias boyxgirl. Kenapa? Sering pertanyaan itu muncul di benak saya (dan kalian maybe). Padahal kan, mereka itu cewek, cewek yang kelak tanpa bisa diganggu gugat karena telah tertulis jelas kodratnya akan punya suami seorang COWOK. COWOK PEMIRSA! Tapi kok katanya dominan para cewek malah suka liat boyxboy? Kan aneh. Jangan-jangan nggak niat punya suami lagi.

Eits—jangan salah sangka!

Saya pernah melakukan survei dengan bertanya kenapa teman sesama Fujoshi saya, sebut saja Mawar[?]. Dan jawaban yang saya dapat adalah; BL itu imut.

Dan jawaban itu nggak saya dapat dari Mawar doang, dari teman-teman Fujoshi saya yang lain juga. BL itu imut, lebih imut dari straight.

#IMUTDARIMANANYA

*Pani dilempar panci*

Imutnya sih gabisa dijelasin sebelum kalian hey-para-cewek-yang-mengaku Bukan-Fujoshi belum merasakannya sendiri bagaimana indah dan menyenangkannya menjadi seorang Fujoshi. Kalau ngeliat cewek sama cewek pelukan, apa sih yang ada di benak kalian? #biasaaja Oke. Terus kalau misalnya cowok sama cowok yang pelukan? Pasti kalian langsung ilfeel sama tuh cowok #koktau Iyadong siapa dulu #digetok Bercanda deng, soalnya saya sendiri sempat ngerasain sebelum jadi Fujo. Tetapi jangan salah, bagi kita para Fujo, momen itu adalah sesuatu yang manis dan memabukkan @o@ Nah kan saya bilang apa, imutnya di sini gak bisa dijelaskan dengan kata-kata.

Banyak orang awam yang keliru kalo ngomongin BL. Dikiranya kami para cewek Fujoshi punya ‘kebelokan’ yang sama alias lesbian. Tapi amit-amit yah saya sendiri normal masih suka COWOK TULEN. Tuh tanya kalo gak percaya pacar saya Daniel Timothy Wenas :* #ditendang4

Orang-orang awam ini juga nyebelinnya lagi suka seenak jidat bilang yaoi ini yaoi itu gak masuk akal masa ada cowok hamil. Ya terserah dong, hak kita, ini negara demokrasi semua berhak berpendapat, kita masyarakat madani semua berhak berkumpul dan membentuk serikat. WELL GA USAH PEDULIIN KITA KALO GAK SUKA.

Biologi memang gak masuk, logika apalagi, cowok hamil juga mustahil. Kiamat kali yah kalo itu kejadian. Tapi gak selamanya Fujoshi-ers harus lapang dada menerima OTPnya dijadikan genderbend. Apakah Key harus menjadi Gwiboon untuk bisa hamil anak Onew? Apakah Taemin harus menjadi Taeyeon agar punya keturunan dengan Minho? Enggak kan. Maka muncul lah istilah M-Preg atau singkatan dari Man-Pregnant. Anggap aja cowok punya lubang[?] dan rahim, maka semua beres. Asal kalian tau, membayangkan cowok hamil itu kiyut naujubilah *noseblood*

Masalah hamil dan nggak hamil[?], tentu harus ada peran cewek dan cowok. Dalam hal ini, kalian pasti nggak asing dengan kata ‘uke’ dan ‘seme’.

Demi Kris Wu yang pake seragam cheerleader, apaan lagi tuh?

Uke berasal dari kata kerja ukeru (Japanese, menerima) atau receiver. Istilah lainnya bottom (English, bawah). Bisa disimpulkan uke adalah peran cewek dalam hubungan boyxboy. Kalau Seme berasal dari kata kerja semeru (Japanese, menyerang) atau attacker. Istilah lainnya top (English, atas). Jika uke adalah peran cewek (feminin), maka seme adalah peran cowok (manly). Masih bingung? Nih Pani kasih contoh… dalam hubungan Yunjae, pasangan paling cetar romantis sehidup semati tak tergantikan seantero dunia hallyu Kpop, Yunho adalah seme dan Jaejoong adalah uke. Oh mereka memang perfect. Sejauh ini Papih Yun masih ultimate seme mau dipasangkan dengan siapapun, dengan Super Junior Siwon sekalipun. Sebaliknya Mamih Jae adalah ultimate uke sampai-sampai saya nggak bisa baca fanfic Jaejoongxgirl karena malah berasa baca girlxgirl #ditendangJaejoong

Ada istilah lainnya, walau nggak banyak yang tahu, tapi ada juga tokoh yang mendapat peran Seke alias seme-uke, dia bisa jadi top, bisa juga bottom. Contoh cepatnya Chanyeol, kalau sama Baekhyun dia jadi seme (Chanbaek), kalau sama Kris dia jadi uke (Krisyeol). Tapi bisa juga Xiumin dan Luhan (Lumin), kadang Xiumin yang uke kadang Luhan yang uke, jadi saling tukeran aja kalo bosen[?].

Sama halnya bagi kalian para pecinta straight pairing, dalam topik Fujoshi juga dikenal istilah One True Pairing (OTP). Membahas OTP ini nggak bakal ada habisnya, pengalaman saya soalnya, heheh… sediki cerita nih… awal mula saya mengenal dunia per-BL-an ini dari Negeri Gingseng Korea nun jauh di mato atau Kpop (walau sebenarnya semua hal berbau BL bermula dari Jpop, liat aja istilah-istilahnya bahasa Jepang semua kan), saya anak ingusan kelas 7 SMP suka sama yang namanya boyband SHINee. Bosan dengan fangirlingan biasa, saya mulai baca fanfic. Dan parahnya fanfic pertama yang saya baca (dan tanpa sengaja) adalah fanfic shounen-ai 2Min. PARAH BANGET KAN.

Apalagi Taemin unyu minta ampun dan Minho macho bujubuneng. Sekali tembak langsung cinta lah saya. Handphone saya setelah itu dipenuhi gambar-gambar 2Min dan nggak pernah absen saya baca fanficnya, malah saya sampai punya author 2Min favorit (maaf saya lupa nama authornya). Setelahnya, saya mencari informasi mengenai hal-hal berbau BL, khususnya couple SHINee. Selain couple SHINee, couple yang saya suka waktu itu adalah couple DBSK Yunjae, BEAST Junseung, dan DBSK/SJ Minkyu. Ingat, kelas 7 loh saya waktu itu. Yang namanya masih bocah labil dengan rasa penasaran tingkat tinggi, mata saya yang jelalatan begitu lihat 2Min menuntun saya untuk meng-klik fanfic 2Min bergenre yaoi, dan saya yang polos ternodai oleh bacaan seks untuk pertama kalinya. Muntah. Bayangin saya waktu itu masih SMP dan tanpa sengaja ternodai oleh bacaan seks. Dari situ, saya jijik dan trauma sama homoan. Saya alergi tiap liat 2Min dan couple BL lainnya. Dari yang fanatik saya jadi antis.

Semenjak insiden ‘baca-yaoi’ itu, saya mulai menghindari BL dan terjerumus ke dalam fanfic romance biasa berpairing idolxoc. Yang saya jujur… amat sangat membosankan sekali banget. Karakter Idol seringnya digambarkan perfect dan Original Character (OC) sering digambarkan orang sederhana. Itu sumpah freak boring dan non-inovatif. Saya enek.

Melangkah ke yang lebih jauh, saya mengenal pairing idolxidol. Seringnya saya baca SJ/SNSD dan SHINee/f(x) waktu itu, Official Couple SM. Sering juga SJ/Wonder Girls, 2PM/Wonder Girls dan SHINee/KARA. Dan saya mulai merasakan variasi genre dan feel setiap couple yang berbeda, masing-masing punya ciri khas. Sampai suatu waktu, saya kan cinta tuh sama Maknae jangkung dari DBSK bernama Shim Changmin, tanpa sengaja saya lihat sebuah fansite khusus couple Changmin dan Sooyoung. Aslian, pikiran yang terlintas di benak saya waktu itu; SIAPA NIH CEWEK MAU-MAUNYA DIKAPELIN SAMA TIANG LISTRIK #ditendangChangmin

Serius. Waktu itu saya bukannya nggak rela Changmin dikapelin sama cewek itu. Tapi kok mau-maunya cewek itu dikapelin sama Changmin?! Cewek cantik yang setelah ditelusuri bernama Choi Sooyoung dari girlgroup SNSD. Saya pikir-pikir lagi, baru kali ini saya baca fanfic Changminxfemale-idol, kan jarang soalnya, malah saya pikir Changmin jomblo seumur hidup karena gak laku di hadapan para cewek. Setelah menetralkan pikiran dan perasaan, saya fix setuju kalo Changmin/Sooyoung itu serasi; OKE CHANGSOO GUE RESTUIN KALO PERLU LO BERDUA NIKAH SEKALIAN.

Maka dimulai lah perjalanan saya menjadi seorang straight yang cinta mati sama Changsoo…

#WOYFUJOSHINYAMANAWOY

OH IYA LUPA.

Ada yang dikenal dengan istilah Threesome. Apa itu? Penjelasannya mudah. Kalian suka Yoseob dengan Junhyung? Tapi nggak rela Doojoon jomblo karena kehilangan Yoseob? Maka kalian bisa ber-threesome-ria dengan menggabungkan ketiganya menjadi Jundooseob[?]. Penjelasan ekstremnya coba kalian bayangkan Doojoon, Junhyung, dan Yoseob bergelung di atas ranjang dengan keadaan nude dan keringat yang saling menempel *noseblood season 2*

Hayo kalian mikir apaaa? #dasarmesum Emang, hohoho #plak

Menyambung-nyambung dari beberapa paragraf perjalanan hidup saya di atas, terbukti nggak selamanya Fujoshi anti sama couple straight. Malah kebanyakan Fujoshi justru lebih terbuka dari penyuka straight, misal mereka suka boyxboy, girlxgirl, dan boyxgirl. Nggak ngestuck di boyxgirl seumur-umur. Plis deh, hidup itu jangan nomaden.

Apalagi yang saya pernah dengar, ada (banyak) straight shipper yang fanatiknya berlebihan sampai-sampai waktu ada berita Idolanya pacaran dengan Idol lain yang bukan kesukaannya, dia komen kurang lebih begini di situs berita tersebut; GUE PIKIR LO SAMA DIA ADA SESUATU. TAUNYA ENGGAK DASAR FREAK. JADI SELAMA INI GUE NGAPAIN NGESHIP ELO SAMA DIA.

Maaf kalo ada yang kesinggung.

Memang sih, Fujo nggak selamanya benar. Fujo melawan kodrat, menentang takdir, sebut aliran sesat kalo mau. Fujo juga banyak yang fanatik. Waktu itu seorang Fujo-EXO ngeflame di fanpage Exoshidae, katanya real pic lebih manis daripada edit pic dan EXO couple lebih real daripada Exoshidae. Iya saya setuju karena straight shipper mengandalkan edit pic daripada real pic, tapi bukan berarti BL couple harus selalu real. Saya suka Minkyu, tapi bukan berarti Minkyu harus pacaran. Saya suka Junseung, tapi mereka nggak bisa menikah dan punya anak.

Ada kalanya logika diutamakan.

Fujoshi-ers harus beranggapan bahwa OTPnya hanya sekadar hiburan. Bukan untuk direalisasikan. Lah toh awalnya mereka saling melakukan skinship juga untuk menghibur fans kan? Kalian punya otak dan kalian tahu perkataan saya tidaklah salah.

Para Idol hanya boneka Agensi. Boneka pemuas dahaga kita para fans. Kejam yah, tapi mau bagaimana lagi mereka melakukan itu untuk pekerjaan, untuk uang. Memangnya pernah kalian pikir, Taemin sungguhan mau dicium Jonghyun di konser SHINee di hadapan para fansnya? Enggak. Walau ribuan fans berteriak histeris mau suka shock berbunga-bunga jijik atau apapun, tapi pastilah perasaan mereka berdua waktu itu; MALU. Hey mereka cowok normal yang aslinya mau ciuman sama cewek daripada sama cowok lagi!

Serius.

Terlepas dari real dan un-real, kembali pada bahasan awal.

Mengenal dunia Fujoshi dan per-OTP-an, ngomong-ngomong, OTP saya yang masih bertahan sampai sekarang (saya gonta-ganti OTP soalnya) adalah;
1. Kikwang/Yoseob (BEAST Kiseob)

527465_432370963455741_760670924_n

552186_496312253728278_1453945842_n
2. Sehun/Tao (EXO Huntao)

tumblr_mny2551TO61s8fa08o1_500

935140_252009244975983_168095314_n
3. Changmin/Kyuhyun (DBSK/SJ)

SMTOWN-Tokyo-3-1024x678

MinKyu

Dari Kpop semua yah? Ah enggak, saya punya kok OTP dari Jepang, spesialnya dari Anime kesukaan saya sekarang, yaitu couple Telor Asin Kise/Kuroko (Kuroko no Basuke Kikuro)

image2

tumblr_static_a4

Satu lagi, Fujoshi juga selain suka boyxboy, sama artinya untuk sebutan penyuka girlxgirl alias Shoujo-ai atau yuri, dan pairing girlxgirl favorit saya dulu sekarang dan seterusnya adalah Sooyoung/Jessica (SNSD Soosica).

82945143502011254225

1455026_618193551576541_1510166222_n

GYAAAH~ SAYA CINTA MEREKA SEMUA. AILAPYU GAYS *kecup*

Sedikit banyak mungkin harusnya judul artikel di atas adalah Perjalanan Fangirling Fanneey Wayne, Seorang Fujoshi Setengah Straight.

Au ah gelap tapi apalah arti judul bila isinya tetap menghibur[?] #menghiburdarimananyasiasedeng

Gomen-gomen! >,<

Seriusan maafkan saya kalau nyampah timeline kalian dengan postingan gak mutu. Tapi kalau ada yang mau berbagi pengalaman mengenai bi-love (cinta sejenis) mau itu Shounen-ai atau Shoujo-ai, atau masalah shipper fanatik, atau ada yang mau bertanya masih dengan topik ini. Silahkan kolom komentar terbuka lebar bagi kalian para komentator tercinta.

Hanya dua yang tidak saya terima di sini; BASH and FLAME. Antis bi-love yang nggak bisa menjaga mulutnya harap jauh-jauh dari blog dan postingan saya. Saya nggak mau ada komen pedas apalagi sampai fanwar di blog saya.

Sekian dan terimakasih.

Bandung, 16 Mei 2014. Ditemani cuaca agak mendung tapi gak hujan-hujan dan semangkuk mie kuah dengan siomay dan baso.

With love ❤

Wufanneey

PS: credit pic to owner

Iklan

38 Comments Add yours

  1. Choi HanRa berkata:

    Eonnie Fujoshi-Straight here ~ ( ‘ _ ‘)/
    aduh, eon aku merasa seperti dejavu lihat pengalaman eonnie ._.
    tapi aku pertama kalinya idol x OC, dan betul seperti kata eonnie idol x OC itu kurang menarik gak semenarik idol x idol #myopinion

    dan aku pertama juga jijik liat couple BL, tapi ketika malam badai nan dingin tersebut lagi nge-search ff eh ketemunya HunHan tercinta dengan langsung adegan M :v
    dari situ saya langsung kena penyakit virus fujoshi yang tanpa sengaja saya mengucapkan “SUMPAH KOK LUHAN ITU IMUT BANGET DIPASANGIN SAMA SEHUN ! LEBIH IMUT DARI PADA COUPLE STRAIGH !” dan sejak itu saya langsung meng-search ff BL xD

    tapi walaupun aku suka BL, aku juga masih suka Soo-Het pairing kayak KyuYoung, SooHun, dsb tapi kalau ditanyakan presentase kesukaan itu :
    BL : 70 %
    Straight : 30%

    kalau dintanya couple BL favorite :

    – HunHan
    – Chanbaek
    – HunKai
    – KaiSoo
    – YunJae

    kalau GL sih gak terlalu cuma sukanya SooSic.

    aduh liat komentar saya ini hampir mengalahkan panjang artikel eonnie xD
    hehehe, gakpapa kan ?
    aku seneng banget soalnya kalau liat sesama Fujoshi apalagi nemu Fadanshi ^^
    maklum lah, kawan kpop aku memandang aku keluar jalur ._.

    Salken ya eonnie ~
    Hidup FUJOSHI ! xD
    Hidup juga Straight ! xD

    Suka

    1. wufanneey berkata:

      wah pengalaman kita hampir sama dong! etapi daftar kapel bl mu kebanyakan exo yah… dan yujae pasti, hahaha
      paling fenomenal mereka, kebanyakan kpopers terutama fujo pasti tau yunjae, apalagi cassie…
      eh? Hunkai? aku juga suka mereka.
      lebih suka kalo kai yang jadi semenya hahaha xD
      gapapa komentar panjang tandanya kamu lagi curhat,
      aku suka sama orang yang terbuka dan blak-blakan kok
      yeayyy
      hidup FUJO!
      hidup STRAIGHT!
      ps. aku gak nyangka bakal ada yang komen postigan ini loh .__.

      Suka

  2. Sadako berkata:

    Ah, kamu Fujoshi-Straight jugak?! *Heboh. 😀

    Aduh, tapi aku lebih fujoshi ke-Jepang kayaknya? :v
    Lebih ke Anime Naruto lagi, :v
    Yang paling gue suka itu, Sasori-Deidara, Itachi-Kisame <.< Hidan-Kakuzu, Deidara-Tobi, etc. Gue ngeborong anggota Akatsuki. LOL :v

    Gue juga suka Kurobas, AoKuro sama KiseKuro. :v

    Klo yg Yuri, keknya gue lebih ke SooSica sama SooSun. :3

    Klo straight, keknya kebanyakan. :v
    Tapi yg pasti, gue ini pecinta KyuYoung, SasuSaku (Sasuke-Sakura), dll. :v

    Suka

    1. wufanneey berkata:

      kita banyak kesamaan dong…. krik, hehe
      saya juga suka naruto cuman sekarang udah jarang ngikurin lagi karena mendadak benci sasuke *apaan*
      suka soosica sama soosun? yeayyy, kapan-kapan saya bakal bikin fic mereka, mumu…

      Suka

      1. Sadako berkata:

        Buat dong, buaatt yg SooSun :v

        yg yaoi jga gue mau dong request :v
        AkaKuro ato gak AoKaga :v

        atau gak crack pair Sooyoung-Haruma Miura (aktor jepang) #dor Kebanyakan maunya lo! ._.

        Suka

      2. wufanneey berkata:

        soosun? udah lama gak baca soosun saya, doh, terus feel jugalagi ke soosica ini…
        yaoi gak tega, saya palingan beraninya sho-ai xixixixi
        eh haruma miura siapa gak apal /ditampol
        kalo mau request entaran ya agak lama soalnya projek ngantri buat dikerjain 🙂

        Disukai oleh 1 orang

  3. PikaChuu berkata:

    wahhh eonnie~ baru nemu blog ini dan awal buka kok ya lamgsung bahas ini. sumpah, eonn~ pikiran kita sama persis. eonn masih mending ya pernah baca ff straight. aku jarang eon. kalo ditanya perbandingan, 1:100 kali ya.. tiappp hari harus baca yaoi, kalo nggak baca kadang suka galay gitu. tapi serius aduhhh~ aku juga masih suka COWOK TULEN. buktinya aku 3 th setia sama someone sampe dia bete *eh malah curhat*
    intinya berawal dari ff bxb itu SJ Yewook lamgsung angst. sejak itulah aku fujoshi, tapi belum parah” banget si ya masih suka baca staright. tapi kok lama” ngebosenin juga :3 aku cari lagi tuh ff yaoi, ada yang alurnya sama persis sis sis sis tapi satu straight satu bxb, ceritanya ringan kok, jujur alur pasaran tapi entah kenapa lebih menarik yang bxb. dan yaw, selamat sejak itu aku suka bxb. sama aduh eonn, kls 7smp aku suka bxb (sekaramg aku 1sma *nggak tanya) kadang bingungg juga kapan tobatnyaa.?? kkk~

    sebenernya aku punya cerita banyak sama eonnie. kerasa nyaman gitu baca pemikirannya eonnie disini .-. eonnie punya akun fb kah.? atau pin bbm.? Whats app.? ehehe :v serius ini aku PINGIN PAKE BANGET NGOBROL BANYAK SAMA EONNIE. wkwkwk~

    Suka

    1. wufanneey berkata:

      hi dear…seneng deh kamu orangnya blak-blakan langsung curhat di boxkomen kayak gini…
      hehe gak ganggu kok.
      suka bxb gak masalah menurutku,toh kita cuma fangirling doang *kedip2
      sukanya gak sampe mereka harus real kan?hm…
      aku juga suka bxb semenjak kelas7 sampe sekarang udah kelas 3sma hahaha, alay gak tuh?
      kalau mau chat sama aku kontak aja via fb/twitter Fanneey Nefervivi/@fanneeywp
      kutunggu yaw 😀

      Suka

  4. syavfinhumaira berkata:

    makasih eonnie , makasih banyak aku jadi lebih tahu tentang boy x boy hehe ^^
    jujur, aku lebih suka baca yaoi ada NC nya soalnya AHAHAHA padahal dibawah umur–” bromance juga seru(?) shounen-ai jugaa duuh ;_;
    alasan aku baca boy x boy biar lebih kedapetan feel nya /? kalau baca bias cowok sama OC / artis cewe lain bacanya ga rela, ga ikhlas (kecuali sooyoung hehe)
    eonn udah aku tambahi di blogroll ku, ^^

    Suka

    1. wufanneey berkata:

      bener banget say, kalau liat bias dipasangin sama oc nggak banget lah. lebih baik sama female-idol yang nyata(?) daripada sama cewek tidak-nyata(?)
      tapi lebih baik lagi BL KYAAA~ /nak/
      eh kamu kecil2 jangan baca NC duh terkontamnasi entar /nak, kamu juga sama aja/ /dor/
      sama-sama, seneng aku bisa kasih pengetahuan(?) sama yang membutuhkan, kekeke~

      Suka

  5. Sadako berkata:

    Ah iya, maksudku shonen-ai! 😀

    Oya, Fanneey itu nama facebook mu ya? Kalo nggak salah, kamu add aku XD

    Suka

  6. Irisha Sinna berkata:

    Hai~
    selamat, ya, udah jadi pujo(?) ^o^)/ *apa yang harus di selametin?*
    .
    Aku juga pujo yg suka straight couple. Tapi aku sukanya yg real couple atau enggak couple di drama ato animu. Kalo yg msh tanda tanya rasanya gmana, gitu…
    .
    Ini ada yang mau aku koreksi boleh? Ini rasanya gatel bgt pengen ngoreksiin…
    Soal biseks. Itu bukan suka sesama jenis, tapi suka sesama dan lawan jenis. Naksir cewek, hayuk, naksir cowok juga oke. Ya, kayak seke gitu, lah…
    .
    Nah, kalo homoseksual baru penyuka sesama jenis . Yang cowok disebut gay, yang cewek disebut lesbian. Dan humu udah dari tahun 70-an dikeluarin dari daftar penyakit oleh APA ^_^b (terlepas apakah ada konpirasi di dalamnya -_-)
    .
    Aku stuju sama kamu soal FOC. Rasanya hambar bgt baca fanfic idolxoc. Yang FOCnya sederhana, mh masih mending, lah kalo marry sue? Tapi ada satu idolxoc yg kusuka.
    .
    Pani, pani. Suka nongkrong di page animu, gak? Aku suka sebel kalo ngeliat anilov cowok yg ngejijik2in YAOI tapi demen ama YURI. Rasanya pengen tak apain, gitu -_q
    .
    Soal straight shipper fanatik yg ngeship berlebihan sampe nge-real2in otp-nya, kayaknya itu juga berlaku buat slash shipper, dh. Soal sia2nya itu, loh…
    Soalnya, kan yg di ship org beneran yg punya kehendak sendiri dan eksis sampe akhir hayat. Beda sama tokoh fiksi yg eksisnya paling lama sampe cerita tamat. Kan ada, th tokoh yg sampe tamat gak ada pasangannya (cth: yukito sama touya dari CCS), jadi yah… Bisa sesuka hati-lah mau masangin sama siapa (sama diri sendiri juga boleh) sampe nge-real2in (paling debat kusir sama shipper lawan)

    Suka

    1. wufanneey berkata:

      Hai irisha… saya baru loh liat nama kamu nongol di sini, blogwalking kah? Hehe btw salam kenal dulu ya.
      Wah soal biseks itu thanks banget udah ngoreksi, kamu cukup kritis berarti soalnya baru kamu yang bilang 🙂
      Saya juga baru tau uwu
      Eh tapi, APA itu apa ya? Semacam nama organisasi? Saya baru dengar…
      Irisha, saya suka nongkrong di page anime tapi paling hanya anime yang saya suka, saya ga termasuk otaku sih. Tapi saya kenal cowok dia suka yuri dan suka buat ff yaoi, ga jijik sih cuman takjub.
      Kok kamu jijik sama fudanshi (bener kan disebutnya?) yang ga suka yaoi? Cuma tanya .-.

      Straight shipper yang sia-sia ya… hm, saya termasuk juga dong. Soalnya kalo udah suka banget bingung gimana Cara muvon nya, duh. Dan debat sama shipper lawan itu hal menyebalkan, paling sering saya hindari tapi selalu aja ada yang nantangin…

      Suka

      1. Irisha Sinna berkata:

        sebenernya aku udah sering nge-replay tapi entah kenapa gagal melulu _ _)
        mudah-mudahan yang ini berhasil…
        .
        ya, organisasi profesional gitu. cuma aku lupa buat psikiater ato psikolog ‘w’v
        .
        he? aku gak begitu, kok! *langsung scrol keatas. sapa tau ada salah tulis*
        .
        kan aku bilang , ‘Aku suka sebel kalo ngeliat anilov cowok yg ngejijik2in YAOI tapi demen ama YURI’
        .
        maksudnya, tuh, aku suka sebel kalo di page ato forum umum, terus ada topik yang berbau yaoi, para anilov cowok ini ada (gak semua) yang berkomentar sok lurus. bilang kalo yaoi itu menjijikan dan gak normal *catet gak normalnya* padahal mereka sendiri suka genre yuri.

        Suka

  7. Cho Jessie berkata:

    wiiihhh keren(y) aku suka banget sama tulisan ini.
    Dari pengalaman aku yang sering ga sengaja liat stat or curhatan seorang fujoshi tuh hampir semuanya menyebalkan dan sok bener. Tapi tulisan yg paling netral menurut aku, penengah gitu deh. Sebenernya aku tipe orang yg cuek, apa lagi sama kegemaran orang lain. Tapi seorang fujoshi bener2 hampir buat aku frustasi #lebay
    sebelumnya aku si fine2 aja sama seorang fujo, tapi semenjak teman terdekat aku jadi fujo, sampe ngaku fujo sejati. di saat itulah aku mulai gerah. Sebenernya si awalnya aku ga peduli liat temen beralih jadi fujo, tapi tapi tapi .. SEMUA YANG DI OTP-in tuh BIAS SAYA SEMUA T.T
    saya ga rela sumpah, karna saya seorang straight #makluminya
    temen aku mendalami dunia yaoi tuh dari ff. Aku awalnya agak kaget pas tau dia tiba2 jadi fujo, karna sebelumnya kami pernah membahas yaoi, dan kami sepakat kalo pennyuka yaoi itu ga normal #TolongJanganTersinggung
    dan sekarang aku merasa kalo temen aku menjilat ludahnya sendiri wkwkwk
    dari yg aku liat dari temen aku yg seorang fujo, dia terlihat malah lebih suka (mendekati cinta) semenya dari pada ukenya. Bahkan yg tadinya semenya bukan bias dia akhirnya dia rekrut jadi bias dia. Dan sialnya bias aku semua seme T.T gila loh bias aku di TMT-in semua !
    Dan mulai saat itulah saya agak gimanaaaa gitu sama fujoshi -,-

    Suka

    1. wufanneey berkata:

      Saya gak tersinggung kok cyinnn tenang aja…
      Yah memang saya juga punya kenalan yang ngotot banget biasnya kudu homo, jijik juga sih
      Soalnya saya sendiri nggak memihak manapun, straight oke, yaoi hayu, yuri juga bolehhh haha maaf ya bukannya plin-plan saya hanya mencoba netral
      Tapi kalau masalah suka mendekati cinta sama semenya, wah, itu bahanya. Jangan sampai deh. Kalau sekedar suka sih boleh asal jangan sampai terobsesi.
      Sedikit curhat, kalau saya malah lebih suka sama peran uke daripada semenya. Soalnya uke itu… manis .////////.
      Btw sekarang kamu masih ilfil atau gimana sama fujo? Semoga enggak ya, jadi orang gak baik pendendam 🙂
      Bias kn bisa dicari,
      Tapi temen yang baik susah dicari /eaaaaak/

      Suka

  8. Jiel berkata:

    Wakksss… Kita senasib! XD
    Aku juga fujoshi-straight! aku dari awal sampe akhir senyum-senyum sendiri… Ngga tau kenapa rasanya bahagia membaca catatan hati seorang fujoshi(?)
    Aku tau Shounen-ai, BL, dan sejenisnya dari fanfic Kpop. Waktu itu ngga sengaja baca fanfic Kyumin yang aku kirain Seokyu. Dan… Aku langsung ngga suka. Tapi, setelah beberapa lama, aku melihat sebuah gambar Shounen-ai dari hape temenku yang fujo. Jadilah… Aku ketularan XD
    Aku suka shounen-ai gara-gara anime. Tapi tau shounen-ai dari kpop.
    Et.. Tapi setelah jadi fujo, aku ngerasa lebih terbuka. Bisa baca straight, ataupun slash (entah itu shounen-ai atau shoujo-ai).
    Btw, aku suka ChangKyu, Yunjae, SasuNaru, AkaKuro (untuk yaoi). Kalo straight aku suka semua. Tapi paling suka Changsoo dan Naruhina. Untuk girlxgirl… Untuk saat ini belum ada._.

    Gomenn.. Kebanyakan komen..

    Suka

    1. wufanneey berkata:

      ehhh alhamdulillah bisa bikin orang yang baca tulisan ini senyamsenyum.. saya ga niat ngelawak padahal,
      tapi yasudahlah…
      iya, shounen-ai sumbernya kan dari komunis sana (red, jepang), tapi sukanya duluan gegara kpop sih, soalnya cowoknya tamvan dan cantik susah dibedain, hghghg xD
      untunglah kamu jadi orang yang terbuka, sebab ada fujo-fujo di uar sana yang justru jadi anti-straight gegara cinta banget sama dunia MxM (mungki, atau entah kenapa)
      hehehe.. sesama fujoshi-straight semoga kita bisa berteman baik ya…
      kebanyakan komen bukan masalah kok, ga ada yang ngelarang ini 🙂

      Suka

  9. senpai berkata:

    Halo dik fujoshi,
    Mau ngelurusin aja niy. Biseksual itu artinya menyukai sesama jenis DAN lawan jenis. Namanya aja ‘bi’, yang berarti dua, ya maksudnya disini menyukai kedua jenis kelamin. Jadi bukan cuma penyuka sesama jenis aja.
    Nah, kalo homoseksual itu berarti menyukai sesama jenis, entah itu antara cowo dan cowo ATAU antara cewe dan cewe. Bukan buat cowok aja. Cuma gara-gara istilah ‘homo’ lebih sering dipake buat cowo, jadi kesannya ‘homoseksual’ itu cuma buat cowok aja, padahal sih nggak. Nah, kalo yang ‘lesbian’ sih bener, cuma dipake untuk menyebut cewe penyuka sesama jenis. Kalo sebutan buat cowo penyuka sesama jenis itu ‘gay’.
    Hayo katanya ngefans yaoi, kok bedain bi sama homoseks aja nggak bisa? 😛
    Sekian dan terima kasih.

    Suka

    1. wufanneey berkata:

      Terimakasih komentarnya senpai,
      Nah, sebenarnya udah pernah ada yang review begitu, cuma saya lupa mengeditnya.
      Duh, jadi malu, langsung saya edit deh sekarang, mohon dimaafkan saya hanya penulis abal yang dapat membuat kesalahan….

      Suka

  10. Debora berkata:

    Huwaa Aku baru nemu blog ini setelah sekian lama Berlancar Di dunia Maya.. *Apaansih -_-! Dasar kudet 😥
    Ternyata bukan cuma gue yg Fujoshi/Straight. Dulu aku ilfeel sama yaoi and yuri tapi pas nemu WonKyu,ChangKyu,HunHan,KaiSoo Couple aku jadi suka and makin cinta.. Wahh pokoknya love you deh..
    Sekian 🙂

    Suka

    1. wufanneey berkata:

      Love u too, hehe. Btw, welcome~

      Suka

  11. findany1701 berkata:

    astogeeh gua baru nemu ini masaa hikz *tear*
    omegoot eon kita sehati kyaaagh *plakk
    aku cinta metong sama dunia per-BL-an ampe ngesave banyak banget komik yaoi di myreadingmanga.info sma ff di fanfiction.net
    aku akut banget eon ampe pengen jdi top para uke onyeoh *plaaak

    tpi aku suka sedih eon klo udh disebut kelainan sma temen2 aku. emng sih jdi fujoshi itu gk baik dan melarsng norma tpi mau begimana lgi karena aku udh terjerumus jauh hikz
    tpi skrng aku lgi mencoba untuk mengurangi kegilaan aku terhadap per-BL-an *gk nanya weeh

    list shipper aku gk terhitung, disetiap anime yg aku tonton pasti suka ngejodohin cowoknya trs setiap boyband yg aku suka pasti aku jodohin lgi sma yg lain. dan aku chanbaek lovers *angkat banner chanbaek* dan aku jga ngeshipperin temen cowok sekelas aku. kyaaa klo mereka skin ship pasti gua teriak gaje

    yaudah sih gitu aja. HIDUP YAOI, BL, FUJOSHI, FUDANSHI, DAN SEJABANAAAA. wi laf yuu
    dan aku suka blog ini :*:*:*

    Suka

  12. blahblah berkata:

    test, ehm ehm. Haduh post nya kapan komennya kapan, maklum gua baru nemu blog ini gegara obrak abrik(?) tntang gay di internet. :v btw kek nya kita seumuran ._. hehe

    oke to the point, tbh gua Chanbaekhardship garis keras. tapi gua setuju sama kata2 lu, mereka skinship dll cuman buat ngibur doang ga lebih. ayolah baekhyun aja ehm pcrn ehm sama taeyeon, awalnya mah ga terima, maunya sama chanyeol aja. tp gua bisa apa toh ujung2 nya kawin sama cewek juga. akhirnya gua ikhlasin aja yg pnting bias gua bahagia.

    nah pas call me baby era, itu moment chanbaek bnyk banget bahkan bukan cuman mereka hunhan pun adaa, ya tuhan. jiwa fujo gua yg udah dalem jadi makin dalem sampe gua kadang suka doain mereka nikah/apa. tapi sekali lagi sadar diri lah, pemikiran nikah suka gua tepis krna mereka real nya bestfriend, gua tanem itu dlm hati ketika jiwa fujo gua meluap2(?) ya walaupun kokoro gua nyut-nyutan gapapalah. > sprtinya gua curhat tp yaudah lah maap sblmnya hehe :’v

    trakhir, gua bingung gimana ngelurusin pemikiran temen2 gua soal fujo. mereka mikirnya fujo itu jga ada penyimpangannya, itukan sialan bgt dikira gua ga normal ngek-_-

    sekian. maap ye gua curcol :”v

    Suka

  13. rowena ravenclaw berkata:

    hai fanni, salam kenal, aku mau share info nih,
    sebelumnya tebar bunga dulu buat tulisan kamu yang udah sukses membuka pikiran aku tentang fujoshi.:)
    thanks a lot. 🙂
    mengenai ff yang castnya Mpreg atau male pregnant, itu bukan hanya fiksi lo. dalam dunia kedokteran laki-laki yang bisa hamil itu nyata atau ada. mereka mengalami kelainan pembentukan sistem reproduksi saat periode organogenesis sehingga alat kelamin luarnya mirip laki-laki tapi organ reproduksi dalamnya adalah organ reproduksi perempuan.
    ya begitulah kurang lebih, jadi gak usah ngerasa freak lagi ya kalau baca atau nulis ff Mpreg karena itu bukan sekedar fiksi. 🙂

    Suka

    1. wufanneey berkata:

      OH GITUYA? THANKS BANGET ROWENA SAYA BARU TAU /hiks/

      Nih, kentang goreng virtual buat kamu 🙂

      Suka

    2. Hikari Atatakasa berkata:

      Rowena nee-chan #bolehsayapanggilbegitu? Iya itu bener. Sebenernya itu bukan cuman fiksi tapi memang ada faktanya. Infonya bermanfaat banget. Arigato 😀

      Suka

  14. rowena ravenclaw berkata:

    thanks balik fani,
    seneng banget nemu tulisan ini. berasa pencerahan. 😀
    ijin ngubek2 blog mu ya, 🙂

    Suka

    1. wufanneey berkata:

      Oke. Tapi kebanyakan ff straight pair sih.

      Suka

  15. rowena ravenclaw berkata:

    it’s fine. saya mah Yaoi oke, straight juga oke, asal castnya EXO. 😀

    Suka

  16. Hikari Atatakasa berkata:

    Waw pengalamannya aku banget, waktu itu yang pertama kali aku baca KyuxWook. Rada nyesel sih kepolosanku ternodai #sokalim, tadinya aku gak mau baca lagi tapi aku penasaran jadinya aku berakhir menjadi fujoshi. Jujur aku kurang suka yuri, tapi aku gak benci. Aku juga kurang suka sama orang yang men-dewa-kan yaoi, aku juga fujoshi, mereka juga fujoshi tapi kalau terlalu lebay juga bikin orang terganggu, yah…. setidaknya mereka harus liat sikon lah… semua yang nee-chan tulis di sini kok kayaknya bener banget yah??? Aku senyum senyum sendiri pas baca ini. HIDUP FUJOSHI INDONESIA!!!!! #sorrycapslockjebol

    Suka

  17. Lzyfa berkata:

    Ahhhhhhh…. Ga nyangka ternyata ada blog catatan hati seorang fujo #eh,apasasih…. Wow ternyata kita senasib… gw dulu pertama baca ff (Yaoi) dan itu DaeJae (b.a.p) dan gw saat itu masih kelas 7/8 kalau ga salah.. Dan gw langsung antara ngomong ‘ini ngapain juga cowo ma cowo’ setelah itu gw pindah ke boyxgirl yang siwonxsooyoung tapi setelah hampir 3 tahun kurang lebih gw jadi seorang fujoshi,,,,, n jadilah gw suka yulsic, taeny dan couple snsd lainnya…. Dan yuljae, sulay itu couple yang gw suka tp masih banyak lagi…. Kekeke gw masih bingung nig, kenapa yang banyak couple boyxboy sm girlxgirl itu sm ent-
    sekian hehe gomen ne ga jelas gw komment tp post-mu bikin seneng karena ada catata seorang fujoshi hehe

    Suka

    1. wufanneey berkata:

      Haha. Jadi lucu sendiri. Ini postingan udah lama tapi ternyata masih ada yang minat baca. Penulisnya aja udah hampir melupakan tulisan gak penting ini haha.

      Btw makasih udah merespon dan ikut mencurahkan perasaan/?/

      Tapi gatau juga yah. Kenapa artis sm? Mungkin couple artis sm lebih dapet feel nya karena mereka kalo fanservice ga nanggung-nanggung? /sotoy/

      Suka

  18. hatsumiki berkata:

    hwaaaa, *terharu*, ternyata masih ada fujoshi yang satu ideologi sama aku. hiks …. senpai …. artikelnya bagus banget.
    kalo ingat² lagi, aku ketularan fujoshi juga waktu kls 7. dan itu bikin aku jijik juga. tapi sekarang, kalo mood lagi jelek dan butuh hiburan, cuma satu: Doujin Ereri (Eren x Levi)
    itu … itu … hiks … mengharukan sekali soalnya di sekolah cuma ada satu fujoshi *angkat tangan* jadi suka kesepian.
    yip, yip kebanyakan OTP ku cuma dari anime soalnya dari kecil emang menyatunya cuma sama itu. pernah suka sama OTP dari korea tapi lupa namanya hehehehe.
    OTP shounen ai: yang tadi di sebutin
    OTP shoujo ai: apa ya? sukanya sih bikin pairing sendiri. kayak Miharu x Minami, Mikasa x Christa, Chihaya x Ritsuko, dll
    sedihnya jadi fujoshi sih dijauhin temen². mereka pikir aku itu ‘rusak’. padahal masih suka sama cowok -_- dan malah nggak suka sama yuri -_-.

    and then, prinsip fujoshi ku; Yaoi itu pilihan, Shounen Ai itu WAJIB.

    salam fujoshi!

    Suka

    1. Yang Yojeong berkata:

      “Shounen ai itu wajib.”

      FIX GW SUKA GAYA LO 😄😄😄😆😆

      ps. Kalau mau berteman(?) dan sharing2 lagi, bisa hubungi via SNS okeh 😘

      Suka

  19. Kamil Wibu berkata:

    Ngakak sendiri baca ini :3 soalnya kisahnya hampir sama :v

    Ah jangan jangan kita..

    Suka

  20. vifujodanshi berkata:

    https://vifujodanshi.wordpress.com

    yang mau download anime fujoshi & fujodanshi
    di sini aja gan
    and yang hoi baca manga
    sub indo
    klik aja link di atas

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s